KUY, MARI MENGENAL SEJARAH DESA TLOKOH

Setiap desa tentu memiliki sejarah tentang asal usul nama desanya, salah satunya yaitu desa Tlokohyang terletak di kecamatan Kokop kabupaten Bangkalan.Desa tersebut memiliki sejarah yang menarik, selain itu terdapat pesan moral yang dapat kita teladani.
Penasaran bagaimana sejarah desa Tlokoh???????
Simak cerita berikut ini!!!

Pada zaman dahulu di Kerajaan Bangkalan terdapat 3 orang tokoh yang sedang berguru. Sang guru memberikan suatu ilmu kepada ke 3 tokoh tersebut, namun untuk menjadi sempurna ilmu tersebut syaratnya ketiga tokoh harus mendapatkan kuku harimau. Karena dengan kuku harimau maka ilmu yang diperoleh akan menjadi sempurna.
Di atas kemauan tiga tokoh tersebut, maka berangkatlah tiga tokoh itu mencari harimau. Setelah sekian lama mencari, ketiga tokoh tersebut akhirnya mendengar kabar bahwa ada seekor harimau yang sedang mengamuk di sebuah desa. Maka berangkatlah ketiga tokoh tersebut ke desa yang dimaksud untuk membunuh harimau demi kesempurnaan ilmu yang mereka punya.
Akhirnya setelah melakukan pencarian, bertemulah ketiga tokoh tersebut dengan harimau. Ketiga tokoh tersebut melihat seekor harimau yang sedang mengamuk karena kelaparan. Harimau tersebut masuk ke wilayah pemukiman yang letaknya dikelilingi hutan yang lebat. Ketiga tokoh itu mencoba mengusir harimau akan tetapi tidak berhasil. Alhasil terjadilah pertarungan sengit antara tiga orang tokoh tersebut dengan harimau.
Perlawanan dari tiga tokoh dengan harimau sangatlah sengit akan tetapi mereka masih belum mampu mengalahkan harimau tersebut. Saat salah satu tokoh mencoba mengalahkan harimau namun tidak sengaja terkena tiga kuku (tello’ kokoh) harimau sehingga menyebabkan kuku tersebut patah. Kuku tersebut merupakan kelemahan dari harimau sehingga harimau pun mati.
Kematian harimau menjadi kabar gembira bagi tiga tokoh tersebut. akhirnya dipotonglah ketiga kuku harimau tersebut guna menyempurnakan ilmu yang diberikan oleh gurunya kepada mereka. Bermula dari peristiwa itulah asal usul nama desa Tlokoh yang berasal dari kata “Tiga Kokoh dan Tiga Kuku” yang dalam bahasa Madura “Tello’ Tokoh dan Tello’ Kokoh atau lebih mudahnya disebut dengan Tlokoh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas tentang Desa Tlokoh

KKN BERSHALAWAT